Sunday, June 05, 2011

Kiat Mempermudah Bangun Malam

Imam Ghazali telah membagi asbab (cara memudahkan) bangun malam menjadi 2, yaitu asbab zhahir dan asbab bathin.

A. Asbab Zhahir, seperti:

1. Menyedikitkan makan, karena banyak makan akan banyak minum dan banyak tidur sehingga susah bangun tahjjud.

2. Mengurangi kesibukan, keletihan dan pekerjaan-pekerjaan yang berat di siang hari karena apabila terlalu letih maka akan banyak tidur.

3. Jangan meninggalkan qailullah (tidur pada siang hari) karena ini juga akan membantu memudahkan bangun malam. Rasulullah bersabda, " Qailullah-lah di siang hari dan carilah pertolongan untuk qiyamulalil."

4. Hindari maksiat dan dosa-dosa karena ini juga akan memudahkan bangun malam. Sebab apabila seseorang berdosa maka hatinya akan keras dan kerasnya hati akan menjauhkan dari rahmat ALLAH SWT.

B. Asbab Bathin, seperti:
1. Menjaga hati dari sifat kinah (mengada-ada), bid'ah serta memikirkan dan merisaukan perkara duniawi karena barang siapa yang sibuk dengan fikir dunia, ia tidak akan mudah untuk bangun malam.

2. Takut akan akhirat, membayangkan pemandangan neraka dan menahan tidur manusia.

3. Fikirkanlah keutamaan tahajjud yang tertera dalam ayat AlQuran, Hadist dan atsar. Supaya timbul semangat dalam hati untuk mendapatkan pahala.

4. Timbulkanlah keyakinan dalam hati bahwa berapa banyak ayat AlQuran yang dibaca ketika sholat, hakekatnya adalah berbicara pada ALLAH swt, dan ALLAH mengetahuinya (ihya 'ulummuddin)

(taken from: Keutamaan Tahajud)

No comments:

Post a Comment